"Please be advised" adalah istilah umum dalam email formal, tetapi tidak selalu merupakan pilihan terbaik. Artikel ini akan membahas alternatif profesional untuk menggunakan "please be advised". Beberapa dari alternatif ini digunakan dengan lebih sopan, memungkinkan kamu untuk menunjukkan sisi yang lebih pribadi pada tulisanmu:
- Please understand.
- Wish to inform you.
- Please note.
- Please be aware.
- Please pay attention to the.
- It has come to our attention.
- Please take note.
- Kindly note.
- For your information.
- Keep in mind.
- Bear in mind.
- I want you to know.
Cara lain untuk mengatakan "please be advised" adalah "please understand", "wish to inform you", dan "please note". Kata-kata ini dapat digunakan dalam kapasitas formal dan informal. Kamu dapat menggunakannya untuk menarik perhatian atau pemahaman seseorang terhadap sesuatu yang penting dalam email atau surat.
1. Please Understand
"Please understand" sangat bagus untuk digunakan sebagai cara lain untuk mengatakan "please be advised". Kalimat ini tidak menggunakan kata "be advised" yang impersonal, sehingga pembaca dapat menerima informasi dengan lebih mudah.
Menggunakan kata "understand" di sini adalah cara yang lebih berempati untuk membuat seseorang melihat informasi yang kamu bagikan selanjutnya. Hal ini menunjukkan bahwa kamu mungkin memiliki sesuatu yang penting untuk disampaikan kepada mereka tanpa membuat mereka panik dengan isinya.
Berikut ini adalah contoh email untuk membantumu:
Dear Udi,
Please understand that you are not the only person who applied for this job. We’ll have more news for you later.
All the best,
Ida
Id:
Dear Udi,
Mohon dimaklumi bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang melamar pekerjaan ini. Kami akan memberi kabar lebih lanjut untuk Anda nanti.
Semua yang terbaik,
Ida
2. Wish to Inform You
"Wish to inform you" adalah sinonim yang sangat formal yang menunjukkan bahwa kamu memiliki informasi untuk diberikan kepada seseorang. "Wish" digunakan untuk menjaga agar tetap formal dan sopan, sedangkan "inform" adalah kata kerja langsung yang digunakan untuk berbagi informasi.
Frasa ini sangat bagus untuk email formal karena menunjukkan bahwa ada sesuatu yang berlaku untuk penerima secara langsung. Saat mengirim email dengan frasa ini, kamu memberi tahu penerima bahwa mereka perlu memperhatikan informasi berikut.
Dear Udi,
We wish to inform you that the meeting was a resounding success. We look forward to hearing from you soon.
All the best,
Ida
Id:
Dear Udi,
Kami ingin memberitahukan kepada Anda bahwa pertemuan tersebut berjalan dengan sukses. Kami menantikan kabar dari Anda segera.
Semua yang terbaik,
Ida
3. Please Note
"Please note" adalah cara sederhana untuk meminta seseorang memperhatikan atau mencatat informasi dalam email. Cara ini lebih sopan dan memungkinkanmu untuk tampil lebih personal daripada "please be advised".
Ini sangat bagus untuk digunakan jika kamu ingin lebih bersahabat dengan penerimanya. Ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang perlu diperhatikan.
Dear Udi,
Please note that I do not have all the answers at this moment. I’m doing what I can to figure them out.
Kind regards,
Ida
Id:
Dear Udi,
Harap dicatat bahwa saya tidak memiliki semua jawaban saat ini. Saya sedang melakukan apa yang saya bisa untuk mencari tahu.
Salam hormat,
Ida
4. Please Be Aware
"Please be aware" adalah frasa lain yang bagus untuk digunakan di sini. Frasa ini menunjukkan bahwa seseorang harus "aware" perubahan atau masalah tertentu dalam emailmu. Tanpa frasa ini, kamu menyiratkan bahwa email tersebut tidak cukup penting untuk dilacak.
Memulai email dengan "please be aware" mirip dengan menandai email tersebut sebagai email yang penting. Hal ini menunjukkan kepada penerima bahwa mereka perlu fokus pada informasi yang diberikan.
Dear Udi,
Please be aware that you only have a few more days to complete this task. I do not want to rush you, but I need it done.
Best wishes,
Ida
Id:
Dear Udi,
Perlu diketahui bahwa Anda hanya memiliki waktu beberapa hari lagi untuk menyelesaikan tugas ini. Saya tidak ingin memburu Anda, tetapi saya harus menyelesaikannya.
Semoga sukses,
Ida
5. Please Pay Attention to The
"Please pay attention to the" bekerja dengan baik dalam email formal. Ini menunjukkan bahwa seseorang harus mengarahkan perhatiannya pada informasi yang muncul setelah "the". Yang paling umum adalah mengatakan "to the following" sebelum menjelaskan informasi.
Hal ini membuat penerima tetap terlibat dan memperhatikan. Hal ini mengingatkan mereka bahwa informasi tersebut cukup penting untuk diperhatikan. Kamu dapat menggunakannya untuk melawan mereka nanti jika mereka tidak memperhatikan.
Dear Udi,
Please pay attention to the following information. I believe it’s going to be very important for you.
All the best,
Ida
Id:
Dear Udi,
Mohon perhatikan informasi berikut ini. Saya yakin ini akan sangat penting bagi Anda.
Semua yang terbaik,
Ida
6. It Has Come to Our Attention
"It has come to our attention" adalah cara formal untuk memberi tahu seseorang bahwa ada sesuatu yang berlaku bagi mereka dan kamu telah mendengarnya melalui cara lain. Biasanya kalimat ini muncul sebagai peringatan, menunjukkan kepada seseorang bahwa mereka berada dalam masalah atas sesuatu yang telah mereka lakukan.
Kamu harus menggunakannya ketika pihak lain telah membagikan informasi tentang seseorang. Ini menunjukkan bahwa kamu telah mempelajari sesuatu yang penting dan ingin berbagi informasi ini dengan pihak yang terkena dampak.
Dear Udi,
It has come to our attention that you have an issue with the new way of doing things. Would you like to discuss this?
Yours,
Ida
Id:
Dear Udi,
Kami menyadari bahwa Anda memiliki masalah dengan cara baru dalam melakukan sesuatu. Apakah Anda ingin mendiskusikan hal ini?
Dengan Hormat,
Ida
7. Please Take Note
"Please take note" adalah alternatif sederhana untuk digunakan di sini. Ini menunjukkan bahwa seseorang harus "take note" situasi yang akan kamu ungkapkan kepada mereka melalui email.
Ini adalah frasa yang sopan karena menggunakan kata "please" dengan kata "take note" yang lebih bersahabat. Sangat baik untuk menggunakan ini jika kamu tidak ingin mengintimidasi penerima dengan informasi yang mungkin harus kamu bagikan.
Dear Udi,
Please take note of the following issues. We have compiled this list to help you understand what comes next.
All the best,
Ida
Id:
Dear Udi,
Mohon perhatikan masalah-masalah berikut ini. Kami telah menyusun daftar ini untuk membantu Anda memahami apa yang akan terjadi selanjutnya.
Semua yang terbaik,
Ida
8. Kindly Note
"Kindly note" adalah sinonim lain yang bagus. Kali ini, "kindly" digunakan untuk tetap sopan dan menghormati sementara penerima belajar dari informasi yang diberikan. Ini menunjukkan bahwa kamu ingin mereka menyimpan informasi tersebut dan menggunakannya nanti.
Dear Udi,
Kindly note that you have been included in our system. We appreciate your help with these matters.
Yours,
Ida
Id:
Dear Udi,
Mohon diperhatikan bahwa Anda telah dimasukkan ke dalam sistem kami. Kami menghargai bantuan Anda dalam masalah ini.
Salam,
Ida
9. For Your Information
"For your information" adalah frasa yang layak digunakan secara formal untuk menunjukkan bahwa informasi tertentu berlaku untuk seseorang. Kamu harus menggunakannya ketika kamu ingin seseorang memperhatikan apa pun yang akan disampaikan selanjutnya.
"For your information" adalah klausa pengantar dalam email. Kamu harus segera mengikutinya dengan klausa lanjutan yang menjelaskan informasi kepada penerima.
Dear Udi,
For your information, we have left it open and do not know who will fill the role. Do you have any ideas?
All the best,
Ida
Id:
Dear Udi,
Sebagai informasi, kami membiarkannya terbuka dan tidak tahu siapa yang akan mengisi posisi tersebut. Apakah Anda punya ide?
Semua yang terbaik,
Ida
10. Keep in Mind
"Keep in mind" menunjukkan bahwa seseorang harus mengingat beberapa informasi yang penting bagi mereka. Kamu harus menggunakannya untuk memberi tahu penerima bahwa sesuatu yang penting akan datang.
Hal ini dapat mendorong mereka untuk membuat catatan mental (atau fisik). Hal ini juga menunjukkan bahwa perubahan penting akan terjadi, sehingga mereka dapat terus mengawasinya.
Dear Udi,
Keep in mind that we have not settled on a final draft. We are still working through some iterations to sort this out.
Best wishes,
Ida
Id:
Dear Udi,
Perlu diingat bahwa kami belum menetapkan draf final. Kami masih melakukan beberapa iterasi untuk menyelesaikannya.
Semoga sukses,
Ida
11. Bear in Mind
"Bear in mind" adalah sinonim lain yang bagus. Kamu dapat menggunakan "bear" secara sinonim dengan "keep". Ini menyiratkan bahwa seseorang harus mengingat beberapa informasi dari emailmu.
"Bear" sesuatu berarti menyimpan informasi tentangnya. Ini menyiratkan bahwa seseorang harus mengingat informasi yang dibagikan kepada mereka karena kamu mungkin akan kembali lagi nanti.
Dear Udi,
Bear in mind that you are the only person who has come to us with this. We trust that you will be able to deliver the goods.
Yours,
Ida
Id:
Dear Udi,
Ingatlah bahwa Anda adalah satu-satunya orang yang datang kepada kami dengan hal ini. Kami percaya bahwa Anda akan dapat mengirimkan barangnya.
Salam,
Ida
12. I Want You to Know
"I want you to know" adalah ekspresi langsung dari niatmu ketika memberi tahu seseorang tentang sesuatu. Biasanya menyiratkan bahwa sesuatu itu penting dengan memberi tahu seseorang bahwa mereka harus "know" lebih banyak tentang hal itu.
"I want you" digunakan di sini untuk menunjukkan bahwa ini adalah permintaan pribadimu agar mereka mengetahuinya. Ini menunjukkan bahwa kamu ingin seseorang "know" apa yang akan terjadi selanjutnya, karena biasanya hal ini cukup penting bagi mereka untuk diperhatikan.
Dear Udi,
I want you to know that your complaints have been noted. We are doing everything we can to make things easier for you.
All the best,
Ida
Id:
Dear Udi,
Saya ingin Anda tahu bahwa keluhan Anda telah dicatat. Kami melakukan segala yang kami bisa untuk mempermudah Anda.
Semua yang terbaik,
Ida
Apakah Benar Mengatakan "Please Be Advised"?
"Please be advised" secara tata bahasa benar dan berfungsi dengan baik secara formal. Kalimat ini digunakan untuk memberi tahu seseorang bahwa kamu akan memberi tahu mereka tentang sesuatu yang penting (sering kali secara negatif). Hal ini mendorong mereka untuk mencatat "advice" tersebut. Tampaknya sopan bila digunakan dengan cara ini.
Sebagai contoh:
Please be advised that I do not have the correct files for this.
Id:
Harap diperhatikan bahwa saya tidak memiliki file yang benar untuk ini.
Kamu hanya boleh menggunakan "advised" di sini karena ini adalah bentuk kata kerja untuk merujuk pada memberikan saran kepada seseorang. "Advised" tidak tepat (huruf "c" harus selalu berupa huruf "s"):
Correct: Please be advised that you are not the only person I’ve hired to do this job.
Incorrect: Please be adviced that there are other solutions you have not found yet.
Id:
Benar: Perlu diketahui bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang saya pekerjakan untuk melakukan pekerjaan ini.
Salah: Mohon diperhatikan bahwa ada solusi lain yang belum Anda temukan.
Apa Arti dari "Please Be Advised"?
"Please be advised" berarti kamu memiliki beberapa informasi penting atau peringatan untuk dibagikan kepada seseorang. Ini menyarankan agar pembaca memperhatikan apa yang muncul setelah kata "advised".
Informasi setelah "advised" sangat penting, jadi kamu harus mendorong pembaca untuk memperhatikannya. Kamu harus menggunakan frasa ini untuk mengingatkan seseorang agar fokus dan mempertimbangkan kata-katamu.
Ini adalah frasa formal yang terkesan sopan. Namun, frasa ini terutama digunakan ketika memberikan informasi negatif atau memperingatkan seseorang tentang etos kerja atau perilaku mereka.
Ini adalah frasa impersonal yang digunakan terutama oleh para bos. Mereka menggunakannya untuk berbicara dengan karyawan yang perlu diberi peringatan.